Friday, November 26, 2010

New Experience :)

Kurang lebih satu bulan lagi saya akan pulang ke Indonesia. Antara senang-sedih semua tercampur jadi satu, senangnya karena saya bisa berkumpul lagi dengan kelurga, pacar, dan teman - teman di Indonesia. Sedihnya saya harus meninggalkan negara yang ini dengan banyak hal yang belum saya eksplore secara keseluruhan. Kalau diingat lagi sewaktu saya baru saja smpai disini hingga sekarang banyak sekali hal yang benar-benar baru di dalam hidup saya. Saya juga belajar banyak hal yang dari kehidupan lain di negara ini, karena banyak sekali perbedaan yang saya lihat di negara ini (Seoul, South Korea) dengan negara saya (Indonesia). Tapi semua itu adalah bentuk pengalaman yang sangat berharga di dalam hidup saya, karena kesempatan ini tidak akan pernah datang untuk kedua kalinya.

Salah satu kegiatan yang merupakan pengalaman baru untuk saya adalah mempelajari bahasa lain selain Bahasa Indonesia dan English yaitu Bahasa Korea (한국어). Pertama kali saya liat, saya menyebut tulisan ini tulisan cacing karena bentuknya yang unik seperti cacing. Bahasa ini lebih susah dari yang saya bayangkan, mereka punya beberapa suara yang berbeda dalam membacanya. Grammar, itu bagian yang tersulit dari Bahasa ini karena benar-benar berbeda dengan grammar yang ada di Bahasa Inggris. Bisa bayangin kan gimana susahnya, tiap hari saya harus mengkuti kelas Korea selama 4 jam, dengan tugas yang setumpuk. Terkadang saya jenuh dengan keadaan itu, tapi karena semua orang bersemangat untuk lebih banyak mempelajarinya sayapun jadi lebih semangat untuk mengikuti kelas ini.

Kelas yang saya tidak terlalu besar, jadi orang yang ada di kelas pun juga tidak banyak. Uniknya lagi kita semua datang dari negara yang berbeda. Yup, bener banget bisa menambah teman.. Awalanya saya pikir kelas ini akan menjadi sangat membosankan, tapi ternyata tidak teman-teman yang berasal dari negara yang berbedapun sangat baik dan saling menghormati satu sama lain. Semakin kesini sangat terlihat kami semua semakin dekat, bukan hanya dengan teman-teman tapi juga dengan guru-guru yang mengajar kami. Ssepertinya mereka sudah kebal dengan apa yang selalu kami lakukan di dalam kelas. (죄송합니다 선생님). Dari awal kelas di mulai banyak murid yang silih berganti, walaupun begitu kami tetap saling bertegur sapa kalau bertemu di manapun juga. Dan semua tidak menyangka kalau minggu ini ada lah minggu dimana kita harus menghadapi final test yang berarti tidak lama lagi kita akan berpisah, ada yang kembali ke negara masing-masing, ada juga yang harus tetap menjalani kuliah disini, ada juga yang mau pergi liburan, macem-macem ya. Semua murid di kelas saya bekerja kesar untuk mencapai target nilai yang diinginkan, karena sebagian ada yang juga mengambil kelas di tempat lain seperti saya, jadi kami harus benar-benar bisa membagi waktu antara belajar Bahasa Korea dan untuk kelas yang lain. Rasanya setelah ujian ini selesai saya ingin menangis saking terharunya (lebay).



IIE Fall Semester 2010

Tapi entah kenapa saya tidak sabar untuk pulang ke Indonesia dan menjalankan rutinitas saya yang sesungguhnya, dimana saya harus kemabali menyetir sendiri kemana-mana, membereskan kamar saya di kosan, makan makanan indonesia, kalau di bayangin membuat saya semakin tidak sabar. Walaupun Ibu saya akan menyusul kesini untuk merayakan Tahun Baru bersama, tapi Indonesia menjadi pilihan utama saya untuk menjalankan segala kehidupan saya. Ini kenapa saya jadi menulis hal-hal yang kurang penting ya?haha. Sepertinya ini karena syndrom Ujian yang membuat semua orang disini gila, dan sampai-sampai tidak tidur hanya untuk belajar.

3 comments:

  1. mbak ira...senengny blajar d Korea
    salam kenal aku adel ank ugm jg yg spring nanti insya Allah belajar d Kyung Hee
    mbak, aku pgen ty2 ttg belajar n hidup d sna boleh g?
    mbak kpn OL ym? pgen tanya2 byk... heheh

    ReplyDelete
  2. mbak... aku add ym loh...pls add ku balik... hiks

    ReplyDelete
  3. ohh maaf kamu yang add YM ya.. ak gak tau. coba di add lagi aja. Boleh ko kalau mau tanya2.. :)

    ReplyDelete